Jumat, 30 Agustus 2013

No Offense


Salam.



Udah beres SBMPTN nih. Udah lega, tapi masih deg-degan. Dengan persiapan yang minim banget, di  tes tulis ini gue nyari aman aja. Yup, gue gak mikirin kuliah jurusan apa, yang penting kuliah.


Gue, adalah orang yang fleksibel. Banyak orang yang bilang kalo tujuan hidup gue gak banget, gak jelas. Iya kok, gue gak jelas, karena gue gak suka sama sesuatu yang mutlak, konkrit, dan, jelas. Itulah kenapa gue selalu gak mau di suruh daftar sekolah tinggi atau apapun yang disukai kebanyakan orang, dengan alasan yang sebenarnya cukup bagus: masa depannya dijamin. Justru itu yang gue gak suka...


Begitu lulus sekolah tinggi kita bakal langsung dapet pekerjaan dengan gaji yang pasti, alias gak perlu susah nyari kesana kemari. Pensiunan dapet, fasilitas ada, siapa yang gak mau? Gue sendiri sejujurnya gak bakal nolak. Tapi ya itu, gue gak suka prosesnya. Sekali lagi, gak asik. Gak tau deh, gue penasaran aja ngerasain sensasi lamaran kerja yang ditolak. Penasaran ketika kita masih luntang-lantung disaat gelar udah ditangan. Bukan berarti gue gak mau kerja-kerja, tapi kayaknya lebih seru. Kita yang udah capek-capek kuliah, tapi tenaga kerja kita gak dibutuhkan disana-sini. Lucu aja, gimana tuhan mempermainkan kita dulu sebelum di antar ke tempat yang benar-benar pas.



Tapi bukan berarti gue memandang rendah orang-orang yang ngambil sekolah tinggi dan pengen jadi pns, ataupun para pns it sendiri. No offense. Prinsip orang berbeda-beda, dan gue sangat menghargai itu. Mungkin ideologi gue pun akan berubah seiring berkurangnya usia, ketika sesuatu harus menjadi realistis. Memang, kadang prinsip dan ideologi itu perlu di nomor sekiankan jika taruhannya kelangsungan hidup itu sendiri, tapi gue belum mikir sejauh itu kok.



Gue gini-gini juga belajar realistis, mengingat waktu belajar yang mepet banget, gue harus terima kemungkinan terburuknya. Lagian gue cari aman juga bukan berarti gue seorang yang bodo amat-an, tapi sekarang ini hidup itu lebih, fleksibel. Yap, banyak orang yang kuliah di tempat ini, jurusan ini, tapi bekerja di tempat itu, yang sama sekali gak ada hubungannya. Gak masalah gue kuliah dimana, dan pekerjaan gue apa, yang penting gue seneng, nyaman, dan bahagia. Itu cukup kok, cukup banget. Karena gue paling nggak suka kalo harus stuck di satu tempat yang awalnya aja gue udah gak ‘sreg’, pasti imbasnya kemana-mana.



Karena sekal lagi, menurut gue sukses itu bukan menjadi orang yang terkaya, terbaik ataupun tersegalanya, tapi sukses itu dimana kita bisa menjadi orang yang paling bahagia, menurut versi kita sendiri, itulah sukses yang sesungguhnya.



Salam sukses! Minta doanya buat kelulusan ya!   



Ps: postingan ini udah ada di draft dari kemaren-kemaren, jadi maklum kalo isinya masih berhubungan dengan sbmptn yang udah lewat hehe...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar