Selasa, 06 Maret 2012

Bapak ku, Bukan Bapakmu

Banyak orang bilang gue mirip bokap gue, dan gue rasa itu bego banget.
Bukannya apa-apa, Ya jelas beda lah, gue masih abg 16 tahun, sedangkan bokap gue udah 40 tahun


bego


Selain semua itu, perbedaan juga keliatan dari fisik kita. Kalo bokap kulitnya coklat, agak gempal, terus rambut keriting, tapi ganteng. Kalo gue putih, tinggi, rambut acak-acakan, dan mahaganteng  luar biasa allahuakbar.


Sebenernya gue anak siapa sih?




Hmm sebenernya ga ada masalah dengan semua itu, gue ga pernah nilai orang dari fisiknya, karena fisik itu pemberian Tuhan, dan gue pun ga masalahin fisik gue yang ganteng ini. Emang sih kenyataanya kalo bokap  gak mirip siapa-siapa di keluarga gue, anggota keluarga gue mirip sama nyokap semua. Tapi gue dan adek-adek gue diwariskan kepintaran bokap.


Sori, maksudnya diwariskan ke adek-adek gue


Perbedaan gue dan bokap juga keliatan dari sikap dan perilakunya. Bokap adalah orang yang sangat menomor satukan ibuny. Sedangkan gue? Gue sayang sama nyokap, tapi mungkin gak sebesar bokap gue. Umpamanya bokap itu pacarnya nenek gue. Sedangkan gue ibarat peliharaannya nyokap, baru nurut kalo di marahin dulu atau seenggaknya dikasih makan, kadang harus menggonggong pula.



Sekali lagi, sebenernya gue anak siapa sih?




Gue deket banget sama bokap. Percaya atau nggak, sampe kelas satu SMP gue sering tidur bareng dia, kadang dikelonin. Iya, emang agak ekstrem hubungan ayah dan anak yang satu ini, tapi itu membuktikan kalo gue emang butuh bokap gue BANGET. Gue sayang banget sama bokap, bokap juga sayang gue. Enggak, kami berdua nggak homo, bokap orangnya emang penyayang semua orang.



Bokap jarang banget marah, tapi sekalinya marah, jangan heran kalo gue yang cool abis ini nangis-nangis sambil koprol, serem banget. Walaupun begitu, bokap orangnya santai dan humoris, tapi kadang becandaannya bikin bete bahkan malu-maluin. Pernah waktu gue nonton laskar pelangi bareng keluarga, pas lampu dimatiin, dia tepuk tangan keras banget sampe orang-orang ngeliatin. Ya gue malu abis lah, untung udah gelap, kalo nggak gue langsung nyari jamban buat nyemplungin kepala. Malu nyet.


Tapi yang paling malu mungkin adek gue, pernah suatu ketika bokap lagi jemput adek gue pake motor..


Bokap: Bilang apa dong udah dijemput?
Adek: Iya makasih bap
Bokap: Peluk dong bapanya
Adek: Ngga ah malu
Bokap: Oh, jadi malu punya bapa kaya tukang ojek? Iya deh bapa emang tukang ojek
Adek: Bu... bukannya gitu bap
 Bokap: ....
Adek: Bap?
Bokap: ...
Adek: Bap, kok diem?
Bokap: (tiba-tiba teriak) EH TAU GA, BAPAKNYA ANAK INI TUKANG OJEK LOH, SAYA ORANGNYA (sambil nunjuk ke adek gue)
Adek: B...bap...
Bokap: IYA, SAYA ORANGNYA. EH DEK SAYA TUKANG OJEK LOH! (sambil nunjuk ke anak SMP yang lewat)
Adek: Iya iya ini di peluk! (pasrah)
Bokap: Nah gitu dong
Adek: .....






Tapi di balik semua itu, sekali lagi, gue sayang bokap banget. Walaupun kadang dia ngelakuin hal-hal konyol yang ngebuat bete, tapi dia tetep bokap gue.






Dan hal-hal konyol bokap lah yang paling bikin gue kangen.







Sampai jumpa, Pak....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar