Minggu, 21 Juli 2013

United is You, Opa


Mungkin agak telat kalo gue baru ngebuat postingan tentang ini sekarang, tapi mau gimana lagi, gue masih sedih sampe sekarang, sampe saat ini.


Hari itu akhirnya tiba, hari yang sudah diperkirakan namun diharapkan tidak cepat terjadi ini. Bukan, postingan ini bukan posting tentang hari kiamat, bukan juga tentang kenaikan harga BBM. Hari itu adalah, hari dimana manajer legendaris MU mengundurkan diri, alias pensiun, alias gak ada dilapangan lagi, Sir Alex Ferguson. Yap, kakek gue, opa fergie :(




*mewek dulu bentar*




Awalnya gue kaget banget sama berita ini, soalnya di artikel2 yang gue baca sebelumnya opa bilang kalo dia masih sanggup sampe dua-tiga tahunan lagi. Tapi mau gimana pun juga nasi udah keburu jadi bubur dedak dan gak bisa diubah lagi jadi bakpau daging, opa bener2 pensiun. Hari berkabung itu gue lupa tanggalnya, pokoknya gue tau lewat twitter disaat udah lewat beberapa hari. Iya, waktu hari-h nya gue lagi gak ada pulsa...

Beberapa pemain bola dan mantan anak didik opa pun menyampaikan ‘bela sungkawa’ nya lewat twitter, beberapa udah gue capture, silahkan ikut nangis...










Pokoknya, meskipun gue gak kenal opa secara langsung, tapi kami sehati. Kok bisa? Gue sendiri gak tau. Gue tau kebiasaan-kebiasaan opa yang gak bakal gue liat dilapangan maupun di dunia persepak bolaan lagi. Berikut diantaranya...



1. ngunyah permen karet

Ini adalah kebiasaan opa yang paling kentara. Gue yakin semua penikmat sepakbola baik fans MU maupun bukan, baik yang pernah nonton MU maen ataupun enggak, pasti tau kalo opa SELALU ngunyah permen karet disetiap pertandingannya. Entah udah berapa ribu permen karet yang habis dilahapnya. Dilahap? Iya, gue juga gaktau tuh permen dibuang lagi apa langsung ditelen, apa dijejelin ke muka penonton. Mungkin kalo semua permen karet yang opa kunyah dikumpulin, kayaknya bisa diolah buat jadi semen bangunan. Gue juga gaktau kalo itu sebenernya permen karet apa bukan, bisa jadi sebenernya itu daun sirih yang sering diemut orang-orang jompo. Maklum, opa udah tua. Alesan opa sering ngunyah ‘permen misterius’ itu juga masih misterius. Orang-orang bilang karena udah habbit, beberapa nganggap permen itu semacam obat buat kesehatan opa , atau mungkin juga buat ngilangin rasa gugup. Who knows? Yang jelas kebiasaan itu bakal gak ada lagi di Old Trafford :(




2. Marah-marah

Nah yang ini juga khas banget. Kabarnya Opa adalah orang yang bertemperamen tinggi. Dia sering marah-marah ke siapa aja, dengan sebab musabab tertentu. Baik itu pemain, pelatih tim lawan, maupun wasit. Kapan lagi ngeliat wasit ditunjuk-tunjuk sama kakek2 dari pinggir lapangan kalo bukan pas zamannya Fergie? Keren banget gak tuh. Opa juga suka komat-kamit gak jelas kalo timnya dapet keputusan yang aneh. Wajar lah, namanya juga orang tua, kan lansia emang rentan ngamuk-ngamuk :p




3. Hair dyer Treatment

Nah ini juga salah satu julukan opa, dia terkenal suka nyemprot pemainnya yang maen jelek, kayak ‘pengering rambut’. Opa gak segan kalo udah maki2 pemainnya. Mau pemain bintang mau pemain ecek-ecek pasti dia semprot semua.  




4. Psy War

Psy War (perang psikologis) juga jadi ciri khasnya yang lain. Opa sering ‘adu mulut’ dengan manajer2 klub lawan sebelum pertandingan, baik yang tersirat maupun tersurat. Lawan opa dalam ber-Psy war biasanya sesama manajer Premier League. Beberapa yang terkenal pernah ber-Psy War dengan opa antara lain Mancini, Benitez, Wenger dll.




Yah, mungkin selain itu masih banyak lagi kebiasaan opa yang bakal hilang dari dunia sepak bola. Yang pasti, gue sedih karena kehilangan sekaligus bangga sama apa yang telah opa capai. Mana ada manajer yang kuat ngelatih sampai umur 71 dan masih teriak-teriak di pinggir lapangan? Mana ada manajer yang setia ngelatih klub 26 tahun dan ngebangun tim dari bawah sampe jadi kayak sekarang ini? He’s the best manager ever, not only by his prestige, but his loyalty and his spirit made he deserved that.





Opa, United is you. Thanks for the give, and it’s time for you to ‘rest in peace’  :”)



Fergie's last squad



Tidak ada komentar:

Posting Komentar