Minggu, 07 Juli 2013

How to motivate myself

Sebelumnya mau ngucap salam dulu, salam.




Langsung aja ya, pengen serius nih...




Jadi, akhir-akhir ini gue lagi sering-seringnya galau. Frekuensi galau gue jadi 25 jam sehari, nambah sejam. Penyebab galau pun macam-macam, tapi yang paling gue galaukan adalah, ehem, kuliah. Yup, gue bingung bakal kuliah dimana. Gue udah gak lolos SNMPTN, ditambah persiapan SBMPTN yang minim banget. Bukan ngeremehin, tapi emang males dan kurang motivasi. Sebagian orang bisa kembali bangkit jika diberikan motivasi, tapi dalam kasus gue sih, udah agak telat. Tapi karena lebih baik telat daripada gak sama sekali, gue mulai belajar di usia waktu yang tinggal belasan hari. Gue dapet motivasi dari tempat les, yang karenanya gue sedikit tersadarkan, kalau gak selamanya usaha berbanding lurus dengan hasil.





Kalimat terakhir adalah hasil pemikiran dari motivasi yang gue dapet. Pernah gak sih kita mikir, kenapa kita yang udah berusaha mati-matian, masih gak bisa ngedapetin apa yang kita mau, sedangkan ada orang lain yang hidupnya ogah-ogahan tapi bisa ngedapetin semua yang dia inginkan? Pernah gak sih kita berpikir, kenapa ada orang yang hidupnya serba sempurna, dan ada juga yang serba kekurangan? 




Mungkin kita lupa, gak semua yang kita inginkan bakal dikasih Tuhan. Yang kita butuh aja belum tentu dapet, apalagi yang cuma 'ingin'. Jikalau terjadi hal-hal tersebut, sebaiknya kita mengevaluasi diri. Apakah kita sudah melaksanakan perintah Tuhan? Apakah kita sudah menjauhi larangan Tuhan? Apakah kita sudah pantas meminta hak, sementara belum menjalankan kewajiban? Dude, kalau Tuhan semudah itu memberikan keinginan kita, hidup ini gak bakalan seru. Buat apa kita hidup kalau gak ada usahanya? Mending gak usah hidup sekalian. Gue nulis kayak begini bukan berarti gue ngerasa yang paling bener, no offense. Gue cuma nge-share apa yang gue dapet aja, gak ada maksud menggurui.




Postingan ini juga sekaligus menjadi cermin diri. Salah satu alasan doa gue selama ini jarang/belum terkabul juga mungkin karena hal-hal tersebut. Selain karena kewajiban yang belum terpenuhi, juga karena usaha yang kurang. Di SMA ini gue udah gak niat banget. Hidup gue udah kayak gembel, luntang-lantung gak jelas. Jadi sebenernya buat lulus SMA aja gue ngerasa kurang pantes, karena gue gak maksimal. Selain itu, salah satu penghalang doa terkabul yang lainnya juga dikarenakan adanya barang haram yang masuk ke tubuh, semoga kita semua gak termasuk kedalam golongan yang ini.




Dan yang terakhir, kalo kita masih belum mendapatkan apa yang kita inginkan, berarti Tuhan masih menahannya sampai saat yang tepat, atau memang bukan jalan yang terbaik. Inget, yang terbaik bagi kita belum tentu yang terbaik bagi-Nya. Allah itu maha tahu.




Gue pernah dapet cerita, jadi suatu ketika ada lima orang sahabat. Mereka mau menempuh tes tulis masuk PTN. Mereka semua rajin, belajar bareng, les bareng, pokoknya mereka mati-matian. Singkat cerita, waktu pengumuman kelulusan mereka semua keterima, kecuali si C. Padahal si C ini terkenal paling pandai diantara mereka berlima. Sahabatnya nyaranin dia buat ikut tahun berikutnya, tapi si C ini gak mau, dia ambil swasta akhirnya. Empat tahun kemudian mereka ngumpul lagi, ternyata si C ini udah lulus S2 juga dapet beasiswa S3 di luar negeri. Ini real story loh, gue tau orangnya :)




Tenang aja, Tuhan itu adil kok. Gak usah panik dengan hal sepele kayak gitu, masalah yang kita hadapi sekarang ini mungkin cuma setetes air pipis di samudera anggur, gak ada rasanya. Tuhan tau yang terbaik buat kita, yang penting kita usaha, doa, dan tawakal. Berapa kali ya gue nulis ginian, kayaknya sering banget :D




Maksud gue adalah, semoga di tanggal 8 juli nanti, temen-temen yang belum lulus SBMPTN, termasuk gue mungkin, untuk nggak berkecil hati. Lagian masih ada UTM, masih ada swasta, masih ada tahun depan, dan inget juga kalau takdir itu ada yang bisa dirubah dan ada yang enggak. Dan inget juga buat orang-orang yang nanti berbahagia, gak usah terlalu ekstrim bereuforianya, janga juga sampe bakar-bakar rumah tetangga. Pokoknya, berempatilah jika ingin ditambahkan rezeki. Lagipula, gak selamanya yang baik bagi kita merupakan anugerah, bisa jadi itu sebaliknya, tergantung dari cara kita menyikapi sesuatu :).




Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar