Rabu, 13 Juli 2011

Kenapa harus rambut?

          Gue heran sama sistem pendidikan di indonesia, kenapa masalah rambut aja musti di masalahin? Rambut panjang dikit, suruh potong. Gondrong dikit, gunting di sekolah. Emang masalah rambut segitu pentingnya apa? kenapa ga ngurusin masalah korupsi yang seribu kali lebih penting, kenapa harus rambut? kenapa cinta fitri gak tamat-tamat?



Gue ga abis pikir, padahal di negara luar sana yang pendidikannya lebih maju dari Indonesia, ga pernah tuh malsalahin rambut. Contoh di jepang, yang pendidikannya paling pesat, malah rambutnya pada gokil semua. Di cat lah, mohak, emo, di emo dan di mohak (gimana tuh?). 



             Atas dasar apa coba rambut jadi permasalahan? Karena kerapihan? Ya kan bisa disisir. Karena takut nyelakain orang? Kayaknya gak mungkin deh,  walaupun rambutnya panjang banget, terus pas rambutnya di sibak kaya iklan shampoo, kena mata orang di deketnya,  DAN BUTA. Absurd banget pemikirannya. Come on, di Indonesia ini masih banyak banget pemasalahan yang jauh lebih penting daripada ngurusin rambut, ngurusin bencong mesjid raya misalnya.


Gue sebagai orang yang memiliki rambut tergolong panjang bagi kaum pria, jelas ga bisa terima. Rambut gue tuh entah kenapa gampang banget panjangnya, padahal gue udah jarang minum combatrin (apa hubungannya?). Bayangin aja gue tiap tiga minggu pergi ke tukang cukur, kurang bosen apa tukang cukurnya liat muka gue mulu? Udah kaya member aja, mending kalo diskon.





           Gue pernah kejadian hampir cukur di sekolah, ini adalah salah satu yang paling gue takutkan selama di sekolah (selain disuruh ngepel kamar mandi pake sikat gigi). Jadi ceritanya, waktu itu lagi pelajaran bahasa Indonesia. Awalnya nih guru cuma jalan-jalan doang sambil meriksa tugas. Tiba-tiba temen gue yang rambutnya emang panjang banget disuruh ke ruang guru buat cukur. Dasar anak setan, ga mau rugi dia bawa bawa gue. Alhasil gue pun berangkat dengan ganteng ke ruang guru sementara dia kabur, kampret.



     
          Gue panik banget. Waktu dia ambil gunting, tadinya gue mau bilang, "Maaf pak, ini sebenernya bukan rambut, ini cuma bulu dada saya yg tumbuh di kepala. Iya , saya menderita penyakit euschandiesbuludadadikepalacaliptus". sambil berharap dia gajadi motong rambut gue, tapi niat itu gue urungkan.





           Waktu dia mau motong rambut, gue udah deg deg-an abis. Apa kata temen-temen abis rambut gue di pangkas? Gue ga kebayang mereka ntar bilang : "Ih, si raka kaya gigolo". Abis itu cewek-cewek pada ilfil. Gue gak bisa ngebiarin ini terjadi. saatnya gue ambil rencana pamungkas, pake kuchiyose no jutsu (apa sih?). Soalnya menurut penelitian gue, guru suka seenaknya kalo motong rambut siswa, lagian mana mungkin ada guru yang basicnya tukang cukur?





             Jantung gue berhenti berdetak, keringat membasahi tubuh, terbayang masa lalu bersama rambut kesayangan ini. Mandi bareng, shampoo-an, waktu di jambak adek gue sampe rambut gue rontok (sumpah sakit banget). Nggak tau nya, dia cuma motong ..... cambang gue. Gue seneng banget, gue lari-lari di ruang guru, guling guling, koprol. Gue gak nyangka, ternyata guru yang nyukur gue emang baru gajian. Pantes baik.


            "Nanti di rumah rapihin lagi ya" kata gurunya.
            "SIAP !" kata gue, semangat. tadinya gue pengen bilang "I LOVE YOU!" tapi begitu gue sadar gurunya cowok, gue langsung nahan omongan gue.

     


Sejak saat itu, gue hati-hati banget kalo ketemu guru yg kira-kira lebay masalah rambut. Kalo ketemu, gue pura-pura gka liat, ato nyapa sambil bilang "Halo pak, rambut saya panjang loh, mau potong?" Ya gak lah.






Pokoknya, hidup rambut panjang! Mari budidayakan memelihara rambut untuk keindahan. Kalau pun tukang cukur pada bangkrut, kan bisa pindah kerjaan, jadi tukang permak misalnya. (kenapa juga harus jadi tukang permak?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar