Selasa, 04 September 2012

Here i go...




Oke



          Langsung mulai aja ya, akhir-akhir ini pikiran gue selalu tertuju kepada satu hal: SNMPTN. Yap, satu kata enam huruf tersebut berhasil ngebuat gue galau, beberapa hari. Meskipun banyak isu yang beredar kalau gak bakal ada SNMPTN tulis lagi, gue tetep aja galau. Gue mikir, apa yang udah gue lakukan untuk mencapai univ favorit gue? Pelajaran kelas 11 aja gue ga inget sama sekali. Oh iya, FYI gue udah kelas 12, agak nggak pas sama muka gue yang masih chibi-chibi gitu. Gue lagi galau-galaunya soal prestasi gue yang ANJLOK BANGET semenjak sma. Kalo mau jujur, waktu smp gue jauh lebih 'berguna' dibanding sekarang. Apalagi jaman-jamannya UN, beuh...





Waktu itu, gue bener-bener addicted banget sama yang namanya belajar. Agak aneh memang, nerd, but i enjoyed it. Study make me feel better, make me feel comfort and it make me complete. Gue gak nyaman kalo nggak belajar, bahkan sekadar menghafal. Waktu udah H-berapa bulan UN, gue bener-bener ngebet belajar banget. Bayangin aja, lagi maen basket pun gue sempet nginget-nginget rumus MTK, ngehafal jenis-jenis enzim dan sebangkainya. Kalo gue sedikit gak ngerti soal-soal latihan, gue langsung nanya ke temen  yang lebih 'superior' dari gue. Atau gue nanya ke guru yang bener-bener entah kenapa sangat jenius. Dia mahir semua mata pelajaran MIPA, meskipun aslinya dia guru MTK. Namanya Pak Ilyas.



Gue inget banget dimana dia selalu ada di mesjid buat ngebantu anak-anak yang belajar malem disana. Sekadar info, di Al-Kahfi ada tradisi atau mungkin 'paksaan' untuk kelas 9 supaya belajar malem di mesjid. Entah apa tujuannya, tapi program ini bener-bener berguna di penghujung sma karena gue bisa diskusi sama temen yang beda asrama. Gue (dan sebagian besar temen-temen) sering dan seneng belajar bareng Pak Ilyas. Penjelasan dia sangat ampuh untuk otak kami gue yang hanya berkapasitas sebesar biji pepaya ini. Dia bener-bener ngerti dimana masalah gue. Dia juga ngerti perasaan gue. Eggak, kami enggak pacaran kok. Pak Ilyas bener-bener guru yang pas untuk diskusi. He's like another bestfriend to me, no lebay.


          Jadi ngomongin orang -_-


          Cukup nostalgianya, SNMPTN udah bener-bener ngebuat gue gila. Sekali lagi gue mikir, walaupun gue gak bisa mikir, apa yang udah gue lakukan untuk menembus PTN 'gue', PTN yang gue inginkan. Jawabannya: gue belum melakukan apa-apa. Sekali lagi, gue belum melakukan apa-apa. Yap, i wanna cry now. Gue sama sekali gak tau apa yang udah gue lakukan di sma ini. Gue bingung, gimana mau dapet nilai bagus, gue sendiri males belajar. Disaat temen-temen udah pada ikut les dari kelas 11, gue masih maen ps dan leha-leha di warnet (seperti yang gue lakukan sekarang :p). I think the most painful thing is, the most of my trouble to being 'smart' is... myself. I wanna die now...



Waktu lebaran kemaren, gue maen ke rumah sodara di Bandung, Cimahi. Disana gue lebih banyak ngerjain pr dan ngobrolin tentang 'perkuliahan' sama sepupu-sepupu yang emang udah pada kuliah, di univ yang 'itu' pula. Gue envy parah. Gue dapet beberapa nasehat dari para sesepuh yang insya Allah akan satu univ ini, amin ya Allah ya rabb (serius). Gue dikasih nasehat mulai dari yang biasa kayak 'Kamu harus belajar yang rajin kalo mau masuk sana' sampe yang agak ekstrim seperti 'Kalo lagi tes, jangan salto buat ngasih kode jawaban ya.' Tapi dari semua nasehat tersebut, ada satu kalimat yang agak bikin gue cukup takut untuk daftar ke sana. Waktu itu kalo gak salah Teh Niar ngomong gini...



          'Kak, kalo mau masuk sana, nilainya gak boleh cuma bagus aja, tapi harus BUAGUSSS BANGETT' kata dia, semangat.
          'O... oh, gitu ya?'
          'Iya kak, harus gitu. Kalo enggak gitu yaaa gak yakin deh!' kata dia malah makin bikin gue ngeri.



Oke



Dari kalimat barusan, gue langsung yakin kalo gue yang sekarang GAK AKAN MUNGKIN BISA tembus ke sana lewat jalur APAPUN. Jadi, mari kita ubah cara hidup gue. Mungkin, posting ini akan menjadi posting terakhir gue sebelum gue keterima di sana atau at the worst scenario, in another university :(  Gue harus fokus belajar dan meminimalisirkan kegiatan warnet gue yang sangat menyita waktu ini. Gue juga mulai berpikir buat berhenti nge-tweet untuk beberapa saat, tapi gue rasa buat sekarang itu agak gak mungkin mengingat gue tetap harus 'nulis' meskipun itu hanya sebatas 140 karakter, untuk mengasah (atau menumpulkan) writing skills gue. Tapi dibalik semua itu, hal terpenting adalah, gue mau dan berusaha berubah. Baik itu pola pikir, cara belajar or anything. Wish me the best all :)



          Oh iya, buat project pengangguran lanjutan yang katanya bakal segera gue tulis, kayaknya gue juga harus menunda hal tersebut. Walaupun sebenernya gue belum nulis hasil project itu karena gue sendiri belum ngerti cara finishing dan merampungkan project tersebut seutuhnya (wuih bahasanya :D)


Pokoknya, buat yang nungguin hasil project gue sampe gak bisa tidur (walaupun gue yakin gak bakal ada), selamat penasaran dan tunggu aja sampe gue keterima di PTN gue (amin). Mohon doanya ya semua. :)






sincerely




orang kece

Tidak ada komentar:

Posting Komentar