Kamis, 10 Oktober 2013

Bukan Sebuah Pembelaan




‘Qin lu ngapain sih buat blog, emang ada yang baca?’

‘lu mau ngikutin raditya dika bukan rak?’

‘buat apa coba buat blog tapi gak ngasilin duit’


Gue sedikit banyak dapet masukan dan kiritik dari orang, tapi ada juga kalimat-kalimat yang menurut gue nonsense alias tidak beralasan. Salah tiganya kalimat diatas. Postingan ini cuma mau ngejelasin kalo gue punya alasan tersendiri buat ‘menciptakan’ sebuah blog.



Blog adalah dunia kita. Disini kita bebas nulis apapun yang kita mau. Buat gue, blog merupakan media yang dapat memenuhi hasrat menulis gue. Yup, itu alasan utamanya. Gue ngebuat blog sebagai ajang mengeksploitasi skill menulis yang masih dilevel newbie ini. Di sini gue bisa nulis macem-macem, mulai dari hal-hal absurd sampe yang absurd banget. Gue juga bisa nge-review tulisan-tulisan lama sambil mengevaluasi kesalahan supaya gak keulang di posting berikutnya. Buat yang mau membaca atau mencerca, itu urusan mereka. Karena dari awal niat gue emang cuma pengin mengembangkan minat di ‘arena’ yang semestinya. Kalau ternyata ada yang baca, ya gue bersyukur. Kalaupun nggak toh gue nulis juga buat kesenangan diri sendiri, karena menurut gue menulis adalah sebuah hobi yang makin terasah bila sudah terbiasa.


Disini, gue lumayan sering nulis cerita berunsur komedi, baik itu hard maupun soft. Bagi sebagian orang yang baca blog gue buat pertama kali pasti bakal nyangka kalo ini tuh ‘Raditya Dika banget’, Raditya Dika adalah penulis yang, menurut gue, membukakan jalan untuk gaya penulisan komedi nonfiksi. Buat yang gak tau, gaya penulisan itu bisa disebut juga sebagai genre. Kalo di musik ada genre jazz, pop, r&b dsb. Sedangkan di dunia jurnalistik ada komedi. Genre itu bebas dipake siapa aja, asal jangan sampe kebebasan ini menjadi awal dari plagiarisme. Gue juga nulis komedi karena gue orang yang humoris, makanya gue suka. Meskipun beberapa kali nulis hal-hal serius nan mellow, jiwa gue tetep komedi.


Beberapa temen nyemangatin, atau tepatnya maksa gue buat nulis buku yang bertemakan komedi. Tapi gue gak mau dan GAK AKAN pernah mau. Kenapa? Soalnya, buat gue itu udah terlalu mainstream. Di toko buku sekarang udah banyak yang melakukan hal tersebut dan hasilnya? Raditya Dika lagi Raditya Dika lagi, karena emang dialah ‘pelopornya’. Setiap ada karya baru, pasti dibandingin dengan tulisannya. Ada sih sebagian yang survive, malah jadi best seller, tapi rata-rata mereka emang punya koneksi sama radit makanya publikasinya mulus, atau mereka emang udah punya nama. Bukan ngejelekin, tapi menekankan kalau modal memang dibutuhkan didalam dunia tulis menulis, baik itu modal jaringan maupun bakat/skill, dan modal gue yang sekarang belumlah cukup buat terjun ke dunia ini.


Orang menciptakan blog dengan berbagai alasan. Ada yang nyari duit, buat promosi, tuntutan pekerjaan, iseng, atau emang pengen nge-blog aja. Terserah mereka, tapi tujuan gue adalah untuk menetaskan potensi yang masih berupa telur ini. Gue gak bisa multitasking. Kalo gue menyelam sambil minum air, airnya pasti gak ketelen. Jadi kalo gue ngebuat blog dengan niatan improve skill, yaudah itu aja, gak bisa sekalian ‘kerja sambilan’. 


“Ngapain sih lu nulis ginian? Kayak ada yang baca aja.”


Sekali lagi, gue nulis ini bukan dengan maksud membela diri di media satu arah ini, cuma meluruskan maksud dalam menjalani hobi baru yang lagi gue tekuni. Ada yang baca atau enggak? itu plus minus aja, lagian banyak visitor juga bukan berarti bagus kok, no offense. Kalau gue emang kebelet eksis sih tinggal copas isi artikel orang aja, atau promo kesana-sini, atau nulis-nulis artikel yang lagi up to date, atau atau atau yang lainnya. Kenapa gue nulis posting ini juga karena gue gak mau ada orang yang nge-judge sesuatu dengan mata terbuka, telinga mendengar, tapi hati terpejam, pikiran tertutup, maunya ngehujat aja, tanpa tahu alasannya. Karena semua yang ada di dunia ini, diciptakan dengan alasannya masing-masing :)



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar